Playlist


Get a playlist! Standalone player Get Ringtones

Waktu Dunia

Selasa, 20 Januari 2009

bab 6 : E-MAIL

Bab 6 E-Mail

6.1.1 Pengertian E-mail
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat menjadi e-mail. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan karena e-mail merupakan alat komunikasi yang cepat dan murah.
File yang dilampirkan dalam sebuah e-mail dikenal dengan istilah file attachment. File-file attachment dari sebuah e-mail dapat berupa file apa saja, termasuk file dokumen(.doc), Excel(.xls), program(.exe), gambar(.JPEG), dan sebaginya

POP Mail
POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.
Kelebihan POP mail adalah dapat dibuka pada saat keadaan offline. Dengan cara seperti ini kita dapat menghemat biaya akses internet.
Kekurangan POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin mengakses dengan komputer lain, harus terlebih dahulu melakukan pengaturan ulang

E-mail berbasis web
E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, BolehMail, dan lain-lain.
Kelebihan dari e-mail berbasis web adalah diberikan gratis oleh website yang bersangkutan
Kekurangan dari E-mail berbasis web adalah hanya dapat membaca e-mail dalam kondisi online

E-mail forwarding
E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain
Kelebihan dari e-mail ini adalah kita bisa menyembunyikan e-mail asli kita. Selain itu dapat mengganti alamat e-mail
Kekurangan dari e-mail ini adalah hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain, ini akan memakan banyak waktu sehingga lama untuk sampai ke alamat

6.1.2 Etika Mengirimkan E-mail
Salam pembuka
Perkenalkan diri
Langsung ke pokok kalimat
Jawablah semua pertanyaan
Lakukan pengeditan
Gunakan subjek yang sesuai
Mengatur prioritas
Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
Jangan meneruskan e-mail berantai
Hormati Privasi orang lain
Jangan melakukan spam
Gunakan huruf besar seperlunya
Hati-hati bila menggunakan singkatan dan ikon emosi
Jangan terbawa emosi
Bersabarlah menunggu balasan e-mail
Ketertarikan berbeda
Jangan lampirkan file yang tidak perlu
Buatlah layout yang baik

6.2.1 Mailing List
Mailing list adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis mempunyai alamat sendiri yang disebut dengan alamat milis.
Milis banyak dimanfaatkan sebagai sarana kmunikasi antara anggota kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kumpulan orang seprofesi, mempunyai hobi atau minat yang sama, anggota organisasi, teman-teman sekelas, dan sebagainya
Contoh website yang menyediakan jasa layanan milis antara lain PlasaGroup, YahooGroup, dan sebagainya

6.2.2 Pertimbangan Menjadi Anggota Milis Tertentu
Untuk memutuskan untuk bergabunga dengan sebuah milis, berikut ini dapat dijadikan pertimbangan
Tujuan Milis
Dengan mengetahui tujuan milis kita dapat mengetahui apakah milis tersebut bakal bermanfaat atau tidak bagi kita
Seberapa banyak e-mail yang masuk
E-mail ke milis yang terlalu banyak akan merepotkan kita, apalagi jika tidak semua e-mail penting
Waktu yang kita miliki untuk membuka e-mail
Jika kita tidak punya banyak waktu untuk membuka E-mail, e-mail yang berasal dari milis akan merepotkan kita saja

6.2.3 Etika dalam Milis
Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topik
Mengirim file besar kepada teman/rekan kerja
Posting ke milis padahal seharusnya japri
Mengirim ulam e-mail
Memposting topik yang tidak pada tempatnya

Tidak ada komentar: