Playlist


Get a playlist! Standalone player Get Ringtones

Waktu Dunia

Selasa, 20 Januari 2009

bab 8 : CHATTING

Bab 8 Chatting

8.1.1 Apa yang dimaksud dengan IRC?
IRC merupakan aplikasi internet yang memungkinkan kita berkomunikasi secara real time. Real time artinya seketika atau saat itu juga.
Berkomunikasi dengan menggunakan IRC disebut dengan Chatting. Sedangkan orang yang melakukannya disebut dengan Chatter. Progaram chatting yang ada saat ini adalah mIRC, Pirch, Virc, Yahoo Messenger, dan sebagainya.

8.1.2 Simbol dan Singkatan dalam Chatting
Beberapa bahasa chatting yang sering digunakan Adalah:
§ wb (Welcome Back/ selamat datang kembali)
§ asap (As soon as posible/ sesegera mungkin)
§ imo (In my opinion/ menurut pendapat saya)
§ jk (Just kidding/ hanya bercanda)
§ brb (Be right back/ segera kembali)
§ cul (See you later/ sampai jumpa lagi)
§ cu (See you/ sampai jumpa)
§ oic (Oh I see/ ya saya mengerti)
§ Thx/thax (Thanks/ terima kasih)
§ btw (By the way/ ngomong-ngomong)
§ gtg (Got to go/ saya harus pergi)
§ asl (Age,sex,location/ umur,jenis kelamin,lokasi)
§ pls (Please/ tolong)
§ co (Cowok)
§ ce (Cewek)
§ np.nop (No problem/ tidak masalah)
§ b4 (Before/ sebelomnya)
§ dc (Discconect/ proses chatting terputus)
8.1.3 Etika Chatting
§ Gunakan bahasa yang sopan
§ Jangan menggunakan huruf besar
§ Jangan mengrimkan spam yang tidak penting secara terus menerus
§ Jangan menggunakan warna yang mencolok
§ Jika orang lain mengajak kita berbicara topik yang kita tidak suka, tolak lah dengan cara yang halus
§ Hindaripertengkaran atau perdebatan sengit
§ Jika kita mendapat kata-kata yang tidak senonoh/ kata-kata kasar, sebaiknya tidak usah dilayani.

8.1.4 Manfaat dan Dampak Buruk Chatting
Manfaat Chatting:
§ Sarana murah dan mudah
§ Konsultasi dengan dokter
§ Berhubungan dengan pakar
§ Mengetahui isi buku
§ Mendapatkan tema baru
§ Sarana belajar dan diskusi
Dampak negatif Chatting:
§ Mengobrol ynag tdak senonoh
§ Terkena virus
§ Rematik dan otot pegal
§ Maniak Chatting
§ Berhubnungan dekat dengan orang yang tidak jelas

bab 7 : MENCARI DAN MENGELOLA INFORMASI

Bab 7 Mencari dan Mengelola Informasi

7.1.1 Mesin Pencari
Mesin pencari internet adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di Internet.
Umumnya struktur dasar sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut :
§ Kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukan kata yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian
§ Tombol pencarian untuk menjalankan perintah pencarian
Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan andal, yaitu :
§ Mempunyai database yang besar dan sering diperbarui
§ Tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan
§ Mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.
Berikut ini adalah beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan.
§ Google (http://www.google.com/)
§ Yahoo (http://www.yahoo.com/)
§ Altavista (http://www.altavista.com/)
§ Lycos(http://lycos.com/)

7.1.2 Mesin Pencari Google
Google merupakan mesin pencari yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pencarian super cepat. Hal ini disebabkan Google menggunakan perangkat keras dan dukungan perangkat lunak yang canggih.
Google memberikan hasil pencarian yang cepat dan relevan. Google memungkinkan kita mencari lebih dari 1 juta alamat URL di internet. Namun, kelemahannya, informasi di halam web yang disimpan di cache Google sering kali tidak up to date.

7.1.3 Halaman Pencarian
Secara Default , Google akan menampilakan dua puluh daftar dokumen setiap halaman hasil pencarian. Kita dapat mengatur daftar tersebut sesuai dengan keinginan kita.
Halaman pencarian terdiri dari:
§ Katagori
§ Kata kunci pencarian
§ Tombol cari
§ Link pencarian canggih
§ Kesukaan
§ Statistik pencarian
§ Judul halaman
§ Teks di bawah judul
§ Alamat URL
§ Ukuran file
§ Tersimpan
§ Halaman mirip
§ Halaman yang sama
§ Lebih banyak hasil

7.1.4 Mencari dengan Kata Tertentu
Berikut ini ditunjukan langkah-langkah untuk melakukan pencarian dengan kata tertentu:
§ Jalankan Internet Explorer. Kemudian ketiklah website mesin pencari yang kita gunakan, misalnya http://www.google.com/. Kemudian klik tombol go atau tekan Enter pada keyboard. Tunggulah sampai website Google ditampilkan
§ Setelah mesin pencari ditampilkan di jendela browser, ketikkan kata kunci ”lagu” di kotak teks pencarian. Tekanlah tombol Mesin Cari Google atau tekan tombo Enter di keyboard. Proses pencarian akan dimulai. Tunggulah sampai hasil pencarian ditampilkan
§ Hasil pencarian telah ditampilkan, di mana terdapat 876.000 dokumen yang ditampilkan
§ Jika kita merasa hasil pencarian masih terlalu banyak, mulailah pencarian dengan kata ganti yang baru dan lebi fokus, misalnya kata “lagu peterpan”. Klik tombol Mesin Pencari Google atau tekan tombol Enter di keyboard
§ Hasil pencarian yang baru akan ditampilkan, di mana terdapat 13.300 dokumen yang ditemukan.

7.1.5 Pencarian Menggunakan Frasa
Mencari informasi dengan menggunakan kata kunci berupa frasa dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
§ Tampilkan mesin pencari Google di browser
§ Ketikkan frasa yang hendak dicari dalam kotak pencarian dengan memberi tanda kutip (“) di depan dan di belakang frasa tersebt, misalnya “batu ginjal”
§ Klik tombol Mesin Cari Google atau tekan tombol enter di keyboard untuk mengaktifkan proses pencarian
§ Mesin pencari hanya akan mencari dan menampilkan dokumen-dokumen yang berisi frasa batu ginjal

7.1.6 Menggunakan Fungsi Pengecualian
Langkah-langkah untuk melakukan pencarian dengan menghilangkan kata penggangu adalah sebagai berikut.
§ Tampilkan mesin pencari di browser
§ Klik teks Pencarian canggih
§ Ketiklah kata kunci pencarian di kotak teks dengan semua kata-kata
§ Di kotak teks tanpa kata-kata, ketiklah kata penggangu yang ingin dihilangkan
§ Lakukan pengaturan yang lain
§ Klik tombol Mesin cari Google untuk memulai proses pencarian.

bab 6 : E-MAIL

Bab 6 E-Mail

6.1.1 Pengertian E-mail
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat menjadi e-mail. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan karena e-mail merupakan alat komunikasi yang cepat dan murah.
File yang dilampirkan dalam sebuah e-mail dikenal dengan istilah file attachment. File-file attachment dari sebuah e-mail dapat berupa file apa saja, termasuk file dokumen(.doc), Excel(.xls), program(.exe), gambar(.JPEG), dan sebaginya

POP Mail
POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.
Kelebihan POP mail adalah dapat dibuka pada saat keadaan offline. Dengan cara seperti ini kita dapat menghemat biaya akses internet.
Kekurangan POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin mengakses dengan komputer lain, harus terlebih dahulu melakukan pengaturan ulang

E-mail berbasis web
E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, BolehMail, dan lain-lain.
Kelebihan dari e-mail berbasis web adalah diberikan gratis oleh website yang bersangkutan
Kekurangan dari E-mail berbasis web adalah hanya dapat membaca e-mail dalam kondisi online

E-mail forwarding
E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain
Kelebihan dari e-mail ini adalah kita bisa menyembunyikan e-mail asli kita. Selain itu dapat mengganti alamat e-mail
Kekurangan dari e-mail ini adalah hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain, ini akan memakan banyak waktu sehingga lama untuk sampai ke alamat

6.1.2 Etika Mengirimkan E-mail
Salam pembuka
Perkenalkan diri
Langsung ke pokok kalimat
Jawablah semua pertanyaan
Lakukan pengeditan
Gunakan subjek yang sesuai
Mengatur prioritas
Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
Jangan meneruskan e-mail berantai
Hormati Privasi orang lain
Jangan melakukan spam
Gunakan huruf besar seperlunya
Hati-hati bila menggunakan singkatan dan ikon emosi
Jangan terbawa emosi
Bersabarlah menunggu balasan e-mail
Ketertarikan berbeda
Jangan lampirkan file yang tidak perlu
Buatlah layout yang baik

6.2.1 Mailing List
Mailing list adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis mempunyai alamat sendiri yang disebut dengan alamat milis.
Milis banyak dimanfaatkan sebagai sarana kmunikasi antara anggota kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kumpulan orang seprofesi, mempunyai hobi atau minat yang sama, anggota organisasi, teman-teman sekelas, dan sebagainya
Contoh website yang menyediakan jasa layanan milis antara lain PlasaGroup, YahooGroup, dan sebagainya

6.2.2 Pertimbangan Menjadi Anggota Milis Tertentu
Untuk memutuskan untuk bergabunga dengan sebuah milis, berikut ini dapat dijadikan pertimbangan
Tujuan Milis
Dengan mengetahui tujuan milis kita dapat mengetahui apakah milis tersebut bakal bermanfaat atau tidak bagi kita
Seberapa banyak e-mail yang masuk
E-mail ke milis yang terlalu banyak akan merepotkan kita, apalagi jika tidak semua e-mail penting
Waktu yang kita miliki untuk membuka e-mail
Jika kita tidak punya banyak waktu untuk membuka E-mail, e-mail yang berasal dari milis akan merepotkan kita saja

6.2.3 Etika dalam Milis
Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topik
Mengirim file besar kepada teman/rekan kerja
Posting ke milis padahal seharusnya japri
Mengirim ulam e-mail
Memposting topik yang tidak pada tempatnya

bab 5 : MENJELAJAHI INTERNET

Bab 5 Menjelajahi Internet

5.1.1 Menjalankan Browser
Langkah-langkah untuk menjalankan internet explorer dari Menu Start adalah sebagai berikut :
Klik menu Start
Pilih Programs
3. Carilah Internet Explorer dan kemudian klik

5.1.2 Bagian-Bagian Browser
Title Bar
Title Bar berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan, tombol Minimize, Maximize, Close

Menu Bar
Menu Bar merupakan tempat menu-menu yang terdapat pada Internet Explorer, Antara lain File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help

Toolbar
Tombol-tombol di toolbar merupakan tombol-tombol yang sering dipakai, tombol yang terdapat pada toolbar antara lain Back, Forward, Refresh, Home, Search, Favorites, History, Mail, dan Print


Address Bar
Address Bar adalah kotak teks yang digunakan untuk memasukan alamat website yang ingin ditampilkan di jendela Internet Explorer

Status Bar
Status Bar menampilkan kemajuan proses yang sedang dilakukan pada saat browser mendownload sebuah halaman web

Task Pane
Task Pane adalah jendela kecil yang muncul di bagian kiri jendela browser apabila mengetik tombol Search, History, dan Favorites

5.1.3 Istilah-istilah Dasar Internet

Intranet
Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil

Browser atau Web Browser
Browser adalah program yang digunakan untuk mengakses internet

HTML
HTML adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web

Server
Server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen dari web tertentu. Komputer itu melayani komputer yang mengakses website yang disimpannya.

Client
Komputer Client adalah komputer yang terdapat pada sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan

Bandwidth
Bandwidth adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu

Search Engine
Search engine merupakan program di website tertentu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet

URL (Uniform Resource Locator)
URL adalah sistem pemberian nama alamat website

Website
Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait

Homepage
Homepage adalah halaman pertama yang terdapat pada sebuah website

Web Page
Web Page merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu kepada sebuah halaman web

Hypertext Link atau Link
Link adalah sebuah text, gambar, atau tombol pada halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain

ISP atau Internet Service Provider
ISP berfungsi sebagai penyedia layanan koneksi ke internet

Program Dial-Up
Program Dial-Up adalah program yang terdapat pada komputer yang berfungsi untuk mengatur modem dan mengatur hubungan dengan ISP

Off-line
Off-line adalah kondisi koneksi komputer kita dalam keadaan terputus

Online
Online adalah kondisi koneksi komputer kita dalam keadaan tersambung

Login
Login adalah proses pemasukan user ID dan password

Logout
Logout adalah proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas

Protokol
Protokol adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu

HTTP atau Hyper Text Transfer Protocol
HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mempertukar informasi di internet

POP atau Post Office Protocol
POP adalah protokol yang digunakan untuk mengambile-mail yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP

Download
Download adalah Proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan


Upload
Upload adalah proses penempatan file dari komputer kita ke komputer server di internet

Freeware
Program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis

Shareware
Kita harus membeli dengan cara membayar biaya pendaftaran

GIF atau Graphical Interchange Format
GIF merupakan suatu format file gambar. GIF mempunyai ukuran file yang kecil

JPEG atau Joint Photographic Experts Group
JPEG mempunyai warna yang lebih banyak dibandingkan dengan GIF, JPEG juga mempunyai ukuran file yang kecil

SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan

5.1.4 Alamat Website
Berbagai nama domain
.edu (Pendidikan USA)
.gov (Pemerintah Amerika)
.go.id (Pemerintah Indonesia)
.jp (Jepang)
.id (Indonesia)
.sg (Singapura)
.uk (United Kingdom)
.org (Organisasi non profit)
.com (Perusahaan)
.net (Penyedia jasa internet)
.mil (Militer)
.ac (Akademi)

bab 4 : KONEKSI KE INTERNET

Bab 4 Koneksi ke Internet

4.1.1 Jaringan Komputer (LAN)
Agar dapat mengakses internet melalui LAN, komputer kita harus terhubung dalam jaringan tersebut. Untuk dapat terhubung dalam jaringan, kita harus memiliki kartu jaringan(LAN Card)
Keuntungan mengakses internet melalui LAN adalah biaya untuk akses internet lebih murah
Kelemahan dari akses internet melalui LAN adalah jika melakukan akses yang banyak, akses akan menjadi lambat, terlebih lagi jika bandwith yang ada terbatas.

4.1.2 Saluran Telepon Langsung
Bila kita menggunakan layanan koneksi internet melalui dial-up, selain membayar biaya langganan ISP, kita juga harus membayar pulsa telepon yang kita gunakan setiap kali kita mengakses internet.
Kecepatan akses dengan menggunakan dial-up dapat mencapai 56 Kbps. Namun, biasanya kurang dari kecepata maksimal, terutama jika jaringan telepon yang digunakan sedang sibuk.
Kelebihan dari koneksi internet menggunakan dial-up adalah jaringan yang luas. Asal sudah terpasang telepon, kita dapat menggunakan akses ini
Kekurangan dari akses dial-up harga yang relatif mahal dan kecepatan akses yang tidak stabil.

4.1.3 Teknologi ADSL
Teknologi ADSL memungkinkan mengakses internet dengan kecepatan tinggi di internet. ADSL mampu mengirimkan data-data sampai pada kecepatan 2 Mbps ke pengguna yang berjarak 5 km dari sentral telepon
Kelebihan dibandingkan dari koneksi dial-up adalah sambungan internet tidak terganggu meskipun ada telepon masuk atau keluar
Kelemahan dari teknologi ADSL adalah harga modem yang lebih mahal dari modem dial-up dan harga langganan ADSL masih terlalu mahal.

4.1.4 Jaringan TV Kabel
Jaringan TV kabel dibuat untuk jalur komunikasi yang lebar. Hal ini mengingat TV kabel harus melewatkan data gambar bergerak dan suara dengan kualitas tinggi. Biasanya biaya sudah termasuk dengan paket TV kabelnya
Kelebihan mengakses internet dengan TV kabel adalah kita bebas menggunakan setiap saat dan bebas dari gangguan telepon
Kelemaha dari internet menggunakan TV kabel adalah hanya dapat mencakup kota besar yang terjangkau dengan TV kabel

4.1.5 GPRS
GPRS merupakan teknologi perkembangan dari teknologi GSM. Sebagai teknologi komunikasi nirkabel, kita dapat memanfaatkan GPRS untuk mengakses internet dimana saja dalam jangkauan sinyal GPRS. Kecepatan transfer data dari GPRS masih berada pada 25-30 kbps. Sistem tarif berdasarkan banyaknya data yang ditransfer.
Kelemahan dari GPRS adalah harga layanan yang relatif mahal dan hanya handphone tertentu yang terdapat layanan GPRS

4.1.6 WiFi
Dengan menggunakan WiFi kita dapat mengakses internet dengan cepat. WiFi mempunyai kecepatan akses hingga 11 Mbps atau lima kali lebih cepat dari akses internet menggunakan 3G
Ada tiga komponen yang terdapat pada lokasi hotspot, antara lain:
1. Access Point adalah perangkat yang menghubungkan teknologi wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat pada komputer. Titik akses memiliki kemampuan melayani pengguna sebnayak 128 orang. Luas daerah yang dapat dijangkau mencapai 25-100 meter
2. Access Controller adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi.
3. Internet Link adalah perangkat yang menghubunkan lokasi hotspot dengan internet. Mempunyai kemampuan koneksi sampai kecepatan 512 Kbps.

4.1.7 Wireless Broadband
Dibandingkan dengan WiFi, WiBro dapat diakses dalam jangkauan 1 km dari titik poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses juga dapat dilakukan dalam kendaraan yang bergeraak sampai 60 km/jam

4.1.8 3G
Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator GSM maupun CDMA. Pada operator GSM, 3G menggunakan teknologi WCDMA. Teknologi tersebut merupakan evolusi dari teknologi GSM yang kemudian berkembang mencadi GPRS. Kemudian GPRS berkembang menjadi EDGE dan akhirnya mencadi WCDMA (3G).
Kelebihan dari 3G adalah bandwithnya lebar, juga didukung oleh HSDPA. Teknologi tersebut memungkinkas akses internet mencapai 2,6 Mbps
Kelemahan dari 3G adalah hanya bisa menggunakan sebatas daerah jangkauan operator penyedia layanan dan harus mempunyai handphone dilengkapi dengan teknologi 3G

bab 3 : AKSES INTERNET

Bab 3 Akses Internet

3.1.1 Internet Service Provider
Koneksi ke internet membutuhkan infrastruktur yang mahal. Karena itu, tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan. Perusahaan yang melayani jasa koneksi ke internet disebut dengan Internet Service Provider.
Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP. Kriteria-kriteria tersebut adalah:
1. Kecepatan Transfer data
Suatu kecepatan transfer data adalah byte per second(bps). Artinya, banyak bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam satu detik.
2. Bandwith
Bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data yang ditransfer.
3. Memiliki server proxy
Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat
4. Memiliki backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan Internet. Pembuatan sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar
5. Keamanan data
Transaksi internet rawan dengan pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan Firewall untuk menjawin keamanan transakasi online yang kita lakukan
6. Layanan yang diberikan
Kita perlu tahu layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. Seperti account email dan spam filter.
7. Biaya
Kita perlu mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP. Ada beberapa contoh pembayaran yaitu dengan cara per bulan atau per waktu yang digunakan
8. Hardware
Kita perlu tahu berapa banyak modem yang dimiliki oleh ISP, kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan per modem
9. Teknologi yang digunakan
Beberapa ISP menggunakan layanan koneksi dial up menggunakan kompresi data, yang memungkinkan transfer data lebih cepat.
3.1.2 Perangkat Keras untuk Mengakses Internet
Melalui Koneksi Dial-Up
Jika kita menghubunkan komputer ke internet dengan koneksi dial-up, ada dua perangkat tambahan yang kita butuhkan yaitu saluran telepon dan modem.
Saluran telepon dibutuhkan untuk menghubunghkan komputer kita dengan ISP yang digunakan. Selanjutnya, ISP tersebut akan meneruskan koneksi kita ke internet.
Modem dibutuhkan untuk mengubah sinya digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar dapat dikirimkan melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal digital agar dapat dimengerti komputer.

Melalui Teknologi ADSL
ADSL atau Asymmetrical Digital Subscribe Line adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepon
Bila kita ingin mengakses internet dengan menggunakan teknologi ASDL, kita harus mempunyai sebuah modem ASDL, jalur telepon, dan terdaftar pada ISP yang mempinyai layanan ASDL

Melalui Jaringan LAN
Salah satu cara untuk terhubung ke Internet adalah dengan menhubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus, maupun warnet.
Agar kita dapat terhubung dengan komputer server di LAN, komputer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card). Selanjutnya, untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain, kita memerlukan kabel UTP.

Melalui Jaringan GPRS
GPRS atau General Packet Radio Service merupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. GPRS merupakan perkembangan dari teknologi GSM. GPRS memungkinkan pengiriman data sampai pada kecepatan 115 kbps
Jika kita menggunakan GPRS, kita membutuhkan sebuah handphone yang sudah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan GPRS

Melalui Jaringan WiFi
WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirim data.
Untuk terkoneksi dengan WiFi komputer kita harus menggunakan WiFi Card dan harus berada pada lokasi-lokasi yang dijangkau sinyal WiFi



Menggunakan Jaringan TV Kabel
Persyaratan mengakses internet dengan menggunakan TV kabel, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi, antara lain:
1. Berlangganan dengan TV kabel yang dilengkapi dengan layanan internet
2. Perangkat komputer standar yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi dan browser yang mendukung internet
3. Cable Modem dengan DOCSIS system, modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV kabel
4. Ethernet Card

Menggunakan 3G
Teknologi telekomunikasi generasi ketiga (3rd generation) atau lebih populer dengan nama 3G adalah teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yang dirancang dengan kecepatan tinggi. Kecepata 3Gdirancang sebesar 2 Mbps
Jika ingin menggunakan 3G, kita membutuhkan sebuah handphone yang dilengkapi teknologi 3G dan SIM Card dari operatorselular tertentu yang menyediakan layanan 3G

3.1.3 Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet
Berikut ini adalah contoh-contoh perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi internet:
1. Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator adalah browser yang digunakan untuk mengakses web atau aplikasi www.
2. Cute FTP, Go!Zilla, dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan FTP
3. mIRC, Yahoo Massenger, dan ICQ adalah program untuk mejalankan chatting
4. Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail

bab 2 :JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI

BAB 2 Jaringan Komputer dan Komunikasi

2.1.1 Apa Itu Jaringan Komputer?
Jaringan Komputer adalah komputer yang terhubung satu dengan lainnya. Dalam sebuah jaringan komputer terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Beberapa manfaat internet :
Membagi sumber daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan untuk membagi sumber daya yang ada, seperti data-data, file-file, dan program-program.
Realibitas tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengkopi data-data ke dua atau tiga komputer, bahkan lebih. Apabila ada komputer yang rusak kita masih dapat menggunakannya dari komputer lain.
Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan,perusahaan dapat menghemat uang, karena 1 buah printer dapat digunakan oleh banyak komputer dalam jaringan tersebut.
Sarana komunikasi
Ini akan memudahkan pimpinan perusahaan untuk meberikan pengumuman rapat.

2.1.2 Berbagai Jenis Jaringan
Local Area Network
LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung perkantoran. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer di dalam kantor tersebut
Metropolitan Area Network
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan.
Wide Area Network
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup sebuah negara atau benua.
Internet
Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Internet merupakan kumpilan dari LAN,MAN,WAN yang ada di seluruh dunia.
2.1.3 Perangkat Jaringan Komputer
1. Server
Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi,aplikasi,dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan.
2. Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk pengolahan data yang diambil dari server.
3. Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau LAN card adalah perangkat keras jaringan yang dipasang di motherboard komputer yang terdapat di jaringan.
4. Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal dari LAN Card. Juga berfungsi sebagai penguat sinyal.
5. Kabel dan konektor
Kabel dan konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain
6. Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan
7. Bridge
Bridge adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain
8. Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari saru jaringan ke jaringan lain.

2.2.1 Komunikasi Data
Dalam komunikasi data, komputer menggunakan protokol-protokol komunikasi data. Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol.
TCP/IP terdiri dari empat lapis kumpulan protocol, biasa disebut dengan layer. Fungsi masing-masing protokol adalah sebagai berikut:
Application Layer
Lapisan ini berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dengan data
Transport Layer
Transport Layer berfungsi untuk mengadakan komunikasi antar dua host/komputer
Internet Layer
Internet Layer terdiri dari IP, ARP, dan ICMP. Protokol IP berfungsi untuk menyampaikan data ke alamat yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama. ICMP untuk mengirim pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data
Network Interface Layer
Network Interface Layer berfungsi mengirimkan dan menerima data.




2.2.2 Keamanan Data dalam Jaringan
Ada beberapa cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer, antara lain:
Spoofing
Bentuk penyusupan yang dilakukan hacker sehingga dapat login dengan cara ilegal.
Scanner
Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan debuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun di jaringan lain.
Sniffer
Program ini menganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer.
Password Cracker
Program ini dapat membuka password yang sudah dienkripsi (dikodekan).
Destructive Device
Program ini berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data-data.

Beberapa teknik pengamanan data yang ada saat ini, antara lain sebagai berikut:
Internet Firewall
Internet Firewall berfungsi untuk Mencagah akses dari pihak luar ke sistem internal.
Kriptografi
Kriptografi adalah seni menyandikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet.
Secure Socket Layer (SSL)
SSL berfungsi untuk menyandikan data. Dengan cara ini, komputer-komputer yang berada diantara komputer pengirim dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data.

Senin, 12 Januari 2009

tutorial corel draw 12

CorelDraw 12 merupakan salah satu software desain grafis yang sangat terkenal. Berbagai fasilitas untuk mendesain tersedia di sini sehingga memudahkan para penggunanya untuk memanfaatkannya. CorelDraw 12 dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat brosur, membuat pamphlet, surat undangan, majalah, brosur dan cover buku yang menarik.

Supaya dapat membuahkan hasil yang menarik, diperlukan latihan-latihan. Sebagai bahan latihan, akan saya paparkan tips & triks menggunakan coreldraw. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua…

Membuka Corel Draw
Klik Start à All Programs à pilih CorelDRAW Graphics Suite 12 à Klik CorelDraw 12.

Cara lain: Klik shortcut di desktop yang bertuliskan CorelDraw 12.




Tampilan Corel Draw
o Menu utama (1) à terdiri dari menu-menu untuk mengoperasikan CorelDraw 12.

o Standar (2) à perintah-perintah pada menu utama

o Property bar (3) à berisi tombol-tombol perintah tambahan.

o Tool box (4) à berisi alat untuk mendesain gambar.

o Ruler (5) à sebagai garis pengukur objek

o Color Pallete (6) à berisi perintah untuk memilih warna objek.

o Pages (7) à sebagai petunjuk halaman yang aktif.

o Lembar kerja (8) à halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.

















Menyimpan Desain File
Klik menu File à Save à tulis pada filename nama filenya à tekan Save.


Menutup File
Klik menu File à klik Close.


Menutup Program CorelDraw 12
Klik menu File à klik Exit.


Mengatur Ukuran/ Jenis Kertas
Klik menu File à New à klik kotak Paper Type/Size pada property bar pilih jenis kertas yang anda inginkan. Misalkan letter, legal, tabloid dsb.


Mengatur unit satuan
Klik Drawing Unit pada property bar untuk memilih unit satuan yang anda inginkan. Misalkan: inches, millimeters, dsb.


Menampilkan dan mengatur Grid
Klik menu View à Grid à garis grid akan ditampilkan.

Jika anda ingin mengubah garis grid menjadi titik-titik, klik menu View à Grid and Ruler Setup à muncul kotak dialog, pilih Show grid as dots untuk mengubah garis menjadi titik-titik.


Menambah halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Insert Page After.


Menghapus halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 2 à Klik kanan, pilih Delete Page Before.


Mengubah nama halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Rename.


Membuat objek segi empat
Klik Rectangle Tool pada Tool Box atau tekan F6 à pointer akan berubah menjadi tanda (+) à drag dan drop mouse pada lembar kerja à akan terbentuk persegi panjang.

Jika anda ingin membuat persegi/ bujur sangkar, Langkah sama seperti membuat persegi panjang. Hanya saja pada saat drag tombol kiri mouse sambil tekan Ctrl pada keyboard.

Jika ingin sudut dari segi empat di atas berbentuk melengkung (tidak siku) maka caranya adalah: tekan Pick Tool pada Tool Box à pilih objek segi empat tersebut à Klik Shape Tool (atau tekan F10) à Arahkan pointer pada sudut segi empat lalu drag (geser sedikit) dengan menekan tombol kiri mouse.


Membuat objek lingkaran
Klik Ellipse Tool pada Tool Box atau tekan F7 à pointer akan berubah menjadi tanda (+) à drag dan drop mouse pada lembar kerja à akan terbentuk lingkaran.

Jika anda ingin mengubah lingkaran menjadi variasi yang berbeda, Langkahnya drag lingkaran tersebut à klik Shape Tools pada Tool Box. Jika ingin bentuk pie, drag-lah lingkaran dari dalam. Jika ingin bentuk arc, drag-lah lingkaran dari luar.


Membuat objek polygon
Klik Polygon Tool atau tekan Y à arahkan pointer yang berbentuk (+) ke lembar kerja à tekan tombol kiri mouse geser secara diagonal sambil tekan tombol Ctrl pada keyboard à terbentuklah polygon segi lima.

Untuk menambah atau mengurangi segi tersebut, gunakan fasilitas Number of Point on Polygon à klik segi yang dikehendaki (missal 3) à akan terbentuk segitiga.

Untuk mengubah polygon menjadi bentuk bintang, lakukan langkah berikut. Drag segi lima à tekan shape Tool à arahkan pointer ke objek tersebut di antara dua segi yang berpotongan à tarik kedalam à terbentuk segi lima menjadi bintang.


Membuat objek spiral
Klik ke Polygon Tool à pilih Spiral Tool atau tekan A à pada lembar kerja klik dan geser tombol kiri mouse sambil tekan tombol Ctrl pada keyboard à terbentuklah spiral.


Membuat objek table
Klik polygon Tool à klik Grap Paper Tool atau tekan D à tekan dan geser tombol kiri mouse pada kanvas à terbentuklah table


Menggunakan Freehand Tool
Klik Freehand Tool pada Toolbox à pada kanvas klik tombol kiri mouse à drag kearah yang diinginkan à jika sudah sesuai keinginan, tekan tombol Esc pada keyboard untuk mengakhiri.

Apabila ingin melengkungkan garis, klik Shape Tool à tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan à klik kanan mouse à klik pilihan To Curve.


Menggunakan Bezier Tool
Klik Bazier Tool pada Toolbox à pada kanvas klik satu kali pointer bertanda (+) à pindah ke posisi lain à klik lagi di posisi tersebut à lanjutkan hingga sesuai dengan objek yang diinginkan.

Bila ingin melengkungkan garis dari objek di atas, klik Shape Tool à tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan à klik kanan mouse à klik pilihan To Curve


Menggunakan Dimension Tool
Buatlah sebuah objek, misalkan persegi panjang berukuran 8×8,5 cm à didalamnya buatlah lingkarang berdiameter 8,5 cm à pada Toolbox, klik Dimension Tool à pada Property Bar pilih Horisontal Tool (untuk menjelaskan garis mendatar) dan pilih Vertical Tool (untuk menjelaskan garis vertical) à pada Dimension Style pilih decimal dengan satuan 0 pada Dimension Precission à pada Dimension Unit pilih cm à aktifkan Show units for Dimension à klik tombol Text Position Drop Down à klik pilihan, teks dimensi di bagian tengah garis à Posisikan pointer pada garis yang akan diberi dimensi / keterangan.


Menggunakan 3 Point Curve Tool
Klik 3 Point Curve Tool pada Toolbox à pada kanvas, klik point 1 à drag dan lepaskan pada point 2 àklik di point 3 à terakhir satukan point 2 dengan point 1 dengan pointer.


Menggunakan Smart Drawing Tool
Klik Smart Drawing Tool pada Toolbox à pada Property Bar pada Shape Recognition Level, pilih Medium dan pada Smart Smooting Level, pilih Highest. à pada kanvas, klik point 1, point 2, point3 dan point 4 à Secara otomatis akan terbentuk objek yang simetris.